Kuliner belitung menyajikan dan melestarikan makanan khas daerah Belitung. Jangan anda lewatkan ketika anda sedang tour belitung

Melestarikan Kuliner Belitung

flic gangan darat1

Pusat Kota Tanjung Pandan - Belitung


Pemandangan di sekitar pusat kota terdapat "Tugu Batu Satam" , batu satam adalah batuan yang berasal dari pecahan asteroid yang jatuh di Pulau Belitung. Pecahan batuan ini konon hanya ada di Belitung sehingga pecahan pecahan kesil "batu satam" merupakan souvenir asli Belitung.
Batu ini sangat keras sehingga tidak dibentuk  jadi merupakan asli bentukan alam ketika batu itu jatuh bergesekan dengan udara. Batu Satam ditemukan secara kebetulan oleh penambang Timah dan dijual sebagai souvenir.
Warna batu Satam adalah hitam dimana warna hitam ini merupakan campuran zat asam carbon dan zat mangan.
Tugu Batu Satam merupakan ikon baru kota Tanjung Pandan. Tugu ini terletak di Boulevard Simpang Lima Tanjung Pandan dengan taman dan air mancurnya, persis di tengah kota.


Ikon yang lama berupa lambang parang dan ikan.

sumber : putra-belitung.blogspot.com
Lambang Belitung tersebut diciptakan oleh seorang putra Belitung : Asnawi Seman , Pak Anjang kame yang saat ini masih tinggal di Gantong Belitung Timur.

Asnawi Seman - Mega - Bendungan Kepice



jalan lurus mobil adalah jalan menuju Pantai Tanjung Pendam. Lokasi panai tidak jauh dari Tugu dan dapat ditempuh dengan jalan kaki.







Di belakang tugu batu satam adalah Jalan Sri Wijaya dimana dapat ditemukan Mie Belitung ATEP.




Warung Kopi di sekitar pusat kota. Jika anda senang nongkrong nongkrong maka warung kopi adalah tempatnya. Tapi bagi kaum wanita di sana jarang sekali berada di warung kopi karena berkonotasi negatif, jadi hanya kaum laki laki saja yang ada di warung kopi.

Kalau anda sempat mengunjungi meseum kata Andrea Hirata, cobalah Kupi Kuli.

Home

Belitung Guide


0 comments "Pusat Kota Tanjung Pandan - Belitung", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment